Jangan cemberut, karena senyuman bikin pengobatan lebih ampuh

JAKARTA, 28/1/14 (SOLUSInews): Dulu, seorang teman redaktur SOLUSInews yang juga berprofesi jurnalis berkata: "jangan pernah keluarkan kata 'duh'. Karena itu tandanya pesimistis dan berpotensi memicu banyak masalah".

Nah, rasa optimistis yang sering dikaitkan dengan pepatah gelas setengah penuh terbukti mempengaruhi kehidupan seseorang. Peneliti Harvard Medical School menemukan, perasaan positif membuat pengobatan lebih ampuh daripada yang sebenarnya.

Sebagaimana termonitor SOLUSInews, Selasa (28/1/14), dalam studi ini, peneliti menemukan 30 persen peserta yang menderita suatu penyakit merasa lebih sehat. Yaitu saat diberitahu mengenai informasi positif tentang obat yang mereka asup. Dan ini berbanding terbalik dengan pasien yang diberitahu informasi negatif mengenai pengobatan mereka.

Penulis senior studi Dr Ted Kaptchuk menyatakan, kondisi mental mempengaruhi keadaan tubuh dan sebaliknya. Tapi, jangan menukar pengobatan dengan sekadar senyum atau rasa bahagia. Studi menemukan, pasien melaporkan rasa sakit yang lebih rendah saat mengasup obat sebenarnya daripada hanya 'plasebo'.

Sikap hidup, menurut peneliti, mampu menjaga kesehatan tetap baik. Universitas Pittsburgh menemukan, orang yang pesimistis cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan berisiko mengalami jantung dan kematian dini.

Tersenyumlah selalu

Ada cara mudah untuk selalu optimistis, yaitu tersenyum. Sebuah studi dari University of Kansas menemukan, peserta yang tersenyum memiliki detak jantung dan stres lebih rendah. Hal ini terlepas apakah mereka merasa benar bahagia atau tidak.

"Senyum mengaktifkan otot-otot tertentu di wajah yang mengirim pesan ke otak Anda bahwa Anda bahagia," kata peneliti kepada Foxnews.

Kedua, tulislah hal-hal baik yang Anda lakukan sekali sehari. Mereka yang melakukannya terbukti memiliki suasana hati yang lebih baik.

Sesudah tiga bulan melakukan dua kebiasaan tersebut, peserta melaporkan lebih sedikit kunjungan ke dokter dan lebih jarang sakit.

Penelitian tersebut dilakukan Southern Methodist University.

 

- See more at: http://www.solusinews.com/20140128/jangan-cemberut-karena-senyuman-bikin-pengobatan-lebih-ampuh#sthash.fvml04hU.dpuf

Mon, 10 Feb 2014 @10:52

Welcome
image

Irvan Gading

WA 085100292698 - 081586612270


Soho
Sekolah Maroko
Jl. H. Salim III No 07 Radio Dalam Jakarta Selatan
Mitra Bisnis
Facebook

 

Photobucket

On Line

VISITOR


statistik